Submisi Karya - re:ON Comics

re:ON Challenge School

re:ON Challenge School adalah wadah bagi kalian untuk mengirimkan komik karyanya agar direview dan kalau lolos seleksi editor maka akan dimuat di re:ON comics. Submisi ini terbuka untuk umum, baik yang masih bersekolah, kuliah, ataupun yang sudah lulus dan bekerja.

Tidak ada batasan umur untuk mengirimkan submisi, namun sebagai pertimbangan bahwa komik yang kamu kirim bisa dinikmati oleh pembaca remaja khususnya antara usia 13-17 tahun.

Setiap submisi yang sudah dikirim, tidak akan dikembalikan, jadi bagi yang membuat komik dengan gambar manual, pastikan kamu hanya mengirimkan dalam karya bentuk fotokopiannya (nanti kalau lolos seleksi baru akan diminta karya aslinya) atau dalam bentuk scan.

Bagi yang mengirimkan dalam bentuk digital melalui email, usahakan total ukuran attachmentnya tidak melampaui 5 MB (resize dan save as ke bentuk JPEG kemudian di-ZIP).

Harap bersabar untuk menunggu jawaban dari editor (standarnya sekitar sebulan), apakah submisi kamu diterima atau tidak, karena banyaknya submisi yang masuk ke editor setiap harinya.

Kirim karyamu melalui email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.  atau lewat pos ke PO Box 1185 JKB 11011.

Dengan ketentuan sebagai berikut:

 

PERATURAN UMUM

  1. Boleh dibuat dengan teknik manual ataupun digital.
  2. Merupakan karya original ciptaan kamu, baik cerita maupun karakternya, dan belum pernah diterbitkan atau dimuat di media cetak, elektronik, ataupun web mana pun.
  3. Boleh dikerjakan secara perorangan atau kelompok. Cantumkan nama-nama komikus yang terlibat.
  4. Karya berupa gambar hitam putih & sudah ditinta dengan warna hitam, menggunakan drawing pen, tinta bak/tinta cina, screentone, atau bisa juga penintaan/tone secara digital.
  5. Untuk karya manual, jangan memakai pensil (warna atau karbon) dan ballpoint demi kualitas cetak yang maksimal. Untuk karya digital dikerjakan dalam resolusi 600 dpi.
  6. Cerita tidak mengandung unsur SARA, pornografi, atau kekerasan yang berlebihan.
  7. Karya berupa cerita yang langsung tamat, bukan cerita serial/bersambung.
  8. Pilih jumlah halaman: 8, 16, atau 24 halaman (ini sudah dihitung dengan covernya, jadi misal kamu memilih 16 halaman artinya: 1 halaman cover dan 15 halaman isi).
  9. Kamu juga boleh mengirim komik yang berupa 4 panel (seperti Bachelor Brotherhood) dengan ketentuan 2 cerita (2 x 4 panel) dalam satu halaman.
  10. Genre cerita tidak dibatasi.
  11. Untuk karya manual, komik digambar di satu sisi halaman saja (tidak digambar bolak-balik).
  12. Pastikan untuk mengisi dan mengirimkan formulir re:ON Challenge School bersama karyamu. Formulir bisa didownload di sini.


PERATURAN MANUAL

  1. Untuk karya komik manual, jangan mengirimkan karya aslinya, karena editor tidak akan mengembalikan karya yang sudah dikirimkan.
  2. Gunakan kertas putih minimal 70 gram. Ukuran kertas yang digunakan adalah A4.
  3. Fotokopi terlebih dahulu gambar komik (hanya gambar tanpa teks), lalu teks ditulis dengan pensil di atas komik yang telah difotokopi. Hal ini untuk memudahkan jika ada perubahan teks dari editor.
  4. Jika ada kata-kata yang tertulis di bidang berwarna hitam atau tone, maka kata-kata tersebut hendaknya ditulis di atas selembar kertas kalkir terpisah yang ditempelkan di naskah kamu tersebut.
  5. Screentone jangan menggunakan pensil.

 

PERATURAN DIGITAL

  1. Boleh menggunakan software apa saja.
  2. Boleh merupakan karya digital yang discan dan diedit/warna/tone secara digital.
  3. Resolusi yang digunakan adalah 600dpi dengan file format TIFF.
  4. File di save as dalam format TIFF (jangan di-flatten image) dengan pilihan image compression LZW.
  5. Untuk layer gambar dijadikan 1 layer (merge), sedangkan untuk layer tulisan dibuat terpisah (editable).
  6. File yang dikirimkan sudah lengkap dengan teks dialog dan efek suara.
  7. Font yang digunakan dalam balon kata atau kotak narasi adalah Laffayette Comic Pro (bisa didownload disini) ukuran 10 point. Font untuk efek suara bebas.
  8. File komik yang dikirim ukuran bleed (19cm x 26cm). Silakan di-crop sendiri.
  9. Sebaiknya file dikirim dalam bentuk CD/DVD melalui post.
  10. Untuk preview awal, bisa dikirim lewat email, usahakan file total tidak melebihi 5 MB (file dapat di save as dalam bentuk JPEG) selanjutnya apabila naskah diterima, file original (resolusi 600 dpi) harus dikirimkan dalam bentuk CD/DVD melalui post.

submisikarya

Ukuran komik:

  1.  SAFE AREA 14 x 21 CM
  2.  GARIS POTONG 18 X 25 CM
  3.  BLEED 19 X 26 CM

Keterangan:

*Safe Area: adalah bidang untuk menggambar obyek-obyek penting dan teks agar aman, tidak terpotong dan tidak tercetak di bagian lipatan komik.

*Garis potong: merupakan bidang yang akan dipotong saat komik dicetak.

*Bleed: adalah bidang untuk gambar komik kamu apabila ingin berupa gambar penuh (full page).