Submisi Karya - re:ON Comics

re:ON Challenge School

re:ON Challenge School adalah wadah bagi kamu-kamu yang ingin komiknya tampil atau direview oleh para editor re:ON. Submission ini terbuka untuk umum, jadi siapa saja bisa ikutan. Kamu bisa mengirimkan karyamu melalui Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau lewat pos ke PO Box 1185 JKB 11011. Ditunggu, Iho!  Kenapa 'School'? Karena re:ON tidak hanya sekedar menerima kiriman dari calon komikus, tetapi juga akan memberikan masukan positif supaya bisa membuat komik lebih baik lagi (jika karya masih belum layak untuk terbit).

Apa keuntungan saya mengikuti re:ON Challenge School? Selain kamu bisa mendapatkan tips dan informasi berguna tentang pembuatan komik, kamu juga berkesempatan untuk menjadi salah satu komikus tetap re:ON Iho!

Bagaimana saya bisa mengetahui diterima atau tidak? Bagi para calon komikus yang memenuhi kriteria re:ON untuk langsung terbit karyanya, akan kami hubungi secara personal. Silakan baca peraturan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

PERATURAN UMUM

  1. Karya yang dikirim boleh menggunakan teknik manual atau digital.
  2. Karya yang dikirim harus karya asli, dan belum pernah diterbitkan atau dimuat di media cetak, elektronik, ataupun web mana pun.
  3. Boleh hasil karya perorangan atau kelompok. Cantumkan nama-nama komikus yang terlibat.
  4. Karya harus hitam putih & sudah ditinta. Jangan memakai pensil (warna atau karbon), tinta abu-abu, atau ballpoint demi kualitas cetak yang maksimal.
  5. Tidak mengandung unsur SARA, pornografi, atau kekerasan yang berlebihan.
  6. 1 cerita tamat.
  7. 1 cerita terdiri dari 8, 16, 24 halaman (pilih salah satu). Setiap jumlah halaman yang ditetapkan sudah termasuk 1 halaman cover berwarna atau hitam putih. Contoh: bila mengirimkan karya 16 halaman, maka yang dikirimkan adalah naskah cerita sebanyak 15 + 1 halaman cover.
  8. Untuk komik 4 panel, jumlah halaman yang ditetapkan sebanyak 4 halaman. 1 halaman memuat 2 cerita.
  9. Genre cerita tidak dibatasi.
  10. Komik digambar di satu sisi halaman saja, tidak bolak-balik.
  11. Karya yang dikirim bukan merupakan fan-fiction atau doujinshi.
  12. Pastikan untuk mengisi dan mengirimkan formulir re:ON Challenge School bersama karyamu. Formulir bisa didownload di sini.
  13. Jangan mengirim komik asli. Baca peraturan teknis di bawah untuk keterangan selanjutnya.

 PERATURAN MANUAL

  1. Gunakan kertas putih minimal 70 gram. Ukuran kertas yang digunakan adalah A4.
  2. Fotokopi terlebih dahulu gambar komik (hanya gambar tanpa teks), lalu teks ditulis dengan pensil di atas komik yang telah difotokopi.
  3. Dan bila ada kata-kata di bidang berwarna hitam atau tone, maka kata-kata tersebut hendaknya ditulis di atas selembar kertas kalkir yang ditempelkan di naskah kamu tersebut.
  1.  SAFE AREA 14 x 21 CM
  2.  GARIS POTONG 18 X 25 CM
  3.  BLEED 19 X 26 CM

Template bisa diunduh di sini.

submisikarya

PERATURAN DIGITAL

  1. Resolusi yang digunakan adalah 600dpi dengan file format TIFF.
  2. Save file TIFF dengan pilihan image compression LZW.
  3. Gambar dijadikan 1 layer, sedangkan sisanya untuk layer tulisan (tergantung dari banyaknya teks yang diperlukan).
  4. File yang dikirimkan sudah lengkap dengan teks dialog dan efek suara.
  5. Font yang digunakan dalam balon kata atau kotak narasi adalah Laffayette Comic Pro (bisa diunduh dari web) 10 point. Font efek suara bebas.
  6. File akhir yang kami terima adalah ukuran bleed: 19cm x 26cm. Silakan di-crop sendiri.
  7. File dikirim dalam bentuk CD/DVD.
  8. Jika mengirim dalam bentuk email, usahakan agar keseluruhan ukuran email tidak melebihi 5 MB. Silakan me-resize file ke dalam format JPEG dengan resolusi 150dpi.